Hasil Rekomendasi UMK Kabupaten Bekasi Tahun 2023 Masih Menunggu Ketok Palu

- Senin, 28 November 2022 | 20:35 WIB
Penentuan UMK Kabupaten Bekasi Masih Menunggu Ketok Palu. (Pexels/MN/Risky)
Penentuan UMK Kabupaten Bekasi Masih Menunggu Ketok Palu. (Pexels/MN/Risky)

METRONESIA.ID KABUPATEN BEKASI - Dewan Pengupahan Kabupaten (Depakab) Kabupaten Bekasi dalam waktu dekat akan mendiskusikan penentuan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Kabupaten Bekasi tahun 2023.

Anggota Depekab Kabupaten Bekasi, Hadi Maryono dari elemen buruh SPSI Listrik, Elektronik dan Mesin (LEM) Kabupaten Bekasi mengatakan rapat pleno terakhir penentuan UMK tahun 2023 akan diselenggarakan, Selasa (29/11).

Hadi Maryono membeberkan hasil rekomendasi Depekab harus keluar terlebih dahulu sehingga bisa ditandangani oleh Pj Bupati Bekasi sebelum diajukan kepada Gubernur Jawa Barat.

Baca Juga: Gegara Upah Tak Layak, Warga Desa Tanjungsari Adukan Sebuah Perusahaan ke Disnaker Kabupaten Bekasi

"Kalau menurut jadwal, rekomendasi Depekab besok harus keluar sehingga bisa ditandatangani oleh Pj Bupati Bekasi," tutur Hadi Maryono.

"Kemudian diajukan kepada Gubernur Jawa Barat sehingga SK UMK 2023 se-Jawa Barat akan serentak keluar pada 7 Desember 2022," tambahnya.

Dalam rapat yang digelar pada pekan lalu, Hadi Maryono menjelaskan pihak dari Apindo Bekasi Raya menginginkan agar penetapan upah menggunakan aturan yang tertuang di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 Tentang Pengupahan yang diformulasikan sesuai dengan kondisi daerah masing-masing.

“Jika merujuk pada ketentuan PP 36, maka tidak akan ada kenaikan UMK 2023 dikarenakan nominal gaji di Kabupaten Bekasi telah menyentuh ambang batas tertinggi,” ungkapnya

Halaman:

Editor: Indra Wahyu Saputro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Coffe Morning Endah Winarti: Keistimewaan Bulan Rajab

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:22 WIB
X